September 16, 2018

Ramalan Pilpres 2019

Ramalan Pilpres 2019

mbah subowo b. sukaris

Hubungan erat saling berkorelasi tentu ada bagi konstituen, hanya seberapa besar hal itu terjadi? Pertanyaannya ialah antara Pilgub DKI 2017 dan Pilpres 2019 akankah berbanding lurus dengan pilgub DKI 2012 dan Pilpres 2014 ? -- yang akan dapat kita saksikan bakal terungkap dan terbukti kebenarannya tidak lama lagi. Siapapun pemenangnya tidak menjadi soal, asalkan sama-sama sportif. 
     Kembali ke masa lalu: Kemenangan pasangan Anies-Sandi dalam pilgub DKI beberapa bulan yang lalu memang mengejutkan sekaligus .... Pasangan BTP yang sedang diujung tanduk terkena kasus hukum tentu saja harus menerima pil pahit dengan kekalahan tipisnya. Rasanya sulit dipercaya dan tidak mungkin jika yang terjadi adalah sebaliknya: yang kalah muncul sebagai pemenang dan yang menang jadi pecundang. Kini baru disadari bahwa dalam pilgub dki 2017 memang terjadi hal yang tidak wajar.
     Kemenangan dalam pilgub yang para pesertanya dalam kondisi anomali itu sebenarnya tidak wajar juga jika berpengaruh besar meramaikan serta mengubah jalannya perolehan suara masing-masing paslon dalam pilpres 2019 mengingat wilayah DKI adalah pusat pemerintahan NKRI.
     Strategi Jokowi dan Prabowo berbeda dalam hal siapa yang melakukan estafet jabatan dari pilgub ke pilpres. Jokowi menang dalam pilgub 2012 dan melakukan estafet pada pilpres 2014 dan sukses meraih kemenangan atas lawannya.
     Sandi yang adalah orangnya Prabowo berusaha mengulang sukses yang serupa dengan perjalanan Presiden Jokowi. Dalam pilgub 2017 Sandi sebagai cawagub berhasil memenangkan pilgub DKI 2017, selanjutnya akan melakukan estafet jabatan pada pilpres 2019 sebagai cawapres.... akankah ia mendulang kesuksesan yang sama dengan langkah yang telah dirintis oleh Presiden Jokowi? Walahualam bisawab.

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 6:36 AM

No comments: