Menakar peluang Jokowi dalam pilpres 2019

       Menakar peluang Jokowi dalam pilpres 2019

             mbah subowo bin sukaris


SBY sukses memenangkan dua periode pilpres secara penuh  waktu (10 tahun) menduduki kursi RI 1. Soeharto sukses 32 tahun berkuasa berkat dirinya terus sebagai calon tunggal tiap pilpres selama enam periode melalui sistem pilpres tak langsung waktu itu. Bagaimana dengan peluang Jokowi ke depan? Jokowi memiliki kemampuan berlebih sekaligus juga kekurangan tertentu. Faktor kelebihan Jokowi dalam memegang pucuk pimpinan RI niscaya akan menutup semua kelemahan dan kekurangannya. Dalam beberapa tahun ke depan sisa periode pemerintahannya maka timbangan Jokowi sesuai prestasinya sendiri yang menentukan kemenangan maupun kekalahannya dalam pilpres 2019 mendatang.

     Prestasi kerja dalam segala segi yang tidak bisa berimbang dari sang petahana pada akhirnya membuka peluang meraih kemenangan bagi pendatang lama maupun baru dalam pilpres mendatang.
        Tatkala SBY pegang kekuasaan memang dia yang terbaik dalam jamannya, demikian pula Suharto menjadi malapetaka sekaligus anugrah dalam jamannya. Jokowi belum tuntas pegang rol pemerintahan sehingga belum bisa dinilai untuk saat ini. Rapor sementara Jokowi memang masih berimbang antara kelebihan maupun kekurangannya dalam memimpin NKRI selama 3 tahun.
Sebagai gambaran masa lalu rapor SBY selama dua periode total 10 tahun adalah baik, berimbang --;kelebihan dan kekurangannya jika ditimbang hampir setara.  Kita semua sama-sama menunggu bagaimana rapor Jokowi dalam 2 tahun ke depan.
      Salah satu petunjuk efektif tidaknya kerja organisasi adanya rantai komando yang efektif. (Dalam kasus peluncuran rudal Korea Utara yang tepat tengah malam, PM Jepang tidak efektif bereaksi pegang kendali pasukan beladiri Jepang).
       Sebagai ilustrasi di era 60-an ketua umum Partai Komunis Indonesia: Dipa Nusantara Aidit mengadakan uji coba seberapa efektifnya rantai komando Partai dari pusat kepada daerah paling terpencil. Hasilnya diperlukan dua hari setiap instruksi Partai sampai ke seluruh wilayah Indonesia.
      Salah satu ciri khas bernilai plus Jokowi yang efektif dalam mengelola negara ialah selalu memberi  komando terbuka kepada segenap aparatnya melalui berbagai kesempatan dan segala bidang tatakelola yang juga diliput media massa dalam berbagai bentuk yang menambah laju  informasi beliau di samping itu memang ada komando resmi berdasarkan aturan yang berlaku.

     Sekian untuk sekali ini.

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 10:37 AM