January 25, 2012

Satria Piningit Ramalan Jayabaya

Satria Piningit Ramalan Jayabaya 


Jayabaya ahli nujum termasyhur di seantero Jawadwipa/Nusa-Antara telah menujumkan sifat, watak, dan karakter atau ciri-ciri ideal yang terdapat dalam diri seorang ratu adil berwujud seorang ksatria atau satria linuwih atau pinilih atau secara populer satria piningit yang kelak datang pada masanya menjadi pemimpin Nusantara yang wilayahnya seluas wilayah Hindia-Belanda. Jayabaya adalah raja besar kerajaan Kediri pada abad keduabelas masehi [1100-an]. 
      Dimulai sejak milenium kedua (1000 tahun kedua) kerajaan Kediri mampu bertahan selama 285 tahun, selanjutnya Majapahit berdiri 185 tahun, Hindia-Belanda bercokol memerintah Indie 349 tahun. Republik Indonesia sedang dan telah memerintah baru 67 tahun saja. Kediri pernah dihancurkan Arok (Tumapel-Singasari), akan tetapi masih mampu bertahan sebagai kerajaan kecil, selanjutnya benar-benar musnah tatkala diserbu pasukan Mongol pada 1292. 
     Kedatangan pasukan Mongol ke Jawa menuntaskan misi penghukuman terhadap Krtanegara memicu awal berdirinya Majapahit. Begitu pun tatkala Majapahit mulai hancur akibat paregreg (perang saudara), dan benar-benar hancur akibat ekspedisi pasukan Tiongkok di bawah Laksamana Cheng Ho yang mendirikan Kerajaan Islam Demak. 
      Hindia-Belanda hengkang dari Nusantara tatkala berkecamuk Perang Dunia Kedua, balatentara Jepang menyerbu wilayah Hindia-Belanda dan berhasil menguasainya. Dari ketiga peristiwa dalam perjalanan sejarah Nusantara di atas, ternyata bangsa mongolid yakni Tiongkok dan Jepang yang selalu berperan menentukan jatuh bangunnya negara besar Nusantara. Di samping kekuatan kedua mongolid tersebut, terdapat kekuatan lain yang mengintai dan mengancam wilayah Nusantara pada milenium ketiga atau di abad keduapuluh satu [2000-an] ialah negara benua Australia yang didukung adikuasa Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris Raya. Secara geopolitik Australia terlalu dekat dengan kepulauan Nusantara jika dibandingkan daratan Tiongkok maupun Jepang. Sang ratu adil versi Jayabaya yang berat tantangannya kecuali kemampuannya memang berlebih di milenium ketiga ini cirinya memang luar biasa dan tidak sembarangan serta jarang hanya terdapat dalam diri satu orang pribadi. Berikut ini bait-bait terakhir Ramalan Jayabaya yang berkaitan dengan ciri-ciri, watak, sifat, dan karakter satria piningit:
 
kaya dene manungsa 
wasis, wegig, waskita 
wus tan abapa, tan bibi, lola 
nglurug tanpa bala 
nganggo simbol ratu tanpa makutha 
tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa 
sirik den wenehi 
ngerti sakdurunge winarah 
dudu pandhita sinebut pandhita 
dudu dewa sinebut dewa 
senenge anggodha anjejaluk cara nistha 
sing tengah sirik gawe kapitunaning liyan 
sing pinggir-pinggir tolak colong njupuk winanda
Jayabaya, abad 12 masehi 

Dia, satria piningit, (yang dimaksud di sini sang ratu adil) benar berwujud manusia biasa. Dia memiliki kebijakan yang mengutamakan kepentingan orang banyak; serta memiliki kecermatan luar biasa jeli dalam memandang persoalan sehingga menjadikannya jernih; kemampuannya dalam ilmu dunia dan gaib membuatnya menggendong segala kesaktian. 
      Satria piningit ini asal-usulnya misterius hidup dalam keadaan telah yatim-piatu; tidak dikenal dan mengenal serta memiliki sanak-saudara; benar-benar sendiri sebatang kara. Ia memiliki banyak teman/pasukan akan tetapi selalu bertindak sendirian tidak mau melibatkan kawannya atau main keroyokan dalam menghadapi siapa saja yang menjadi lawan-lawan politiknya. 
       Ia tidak pernah berambisi menjadi seorang pemimpin apalagi berkeinginan untuk menjadi seorang raja. Satrio piningit ini walaupun kelak menjadi masyhur bukan tipe sosok manusia gila hormat; dan tidak ingin dihormati serta menolak penghormatan dari orang se-Jawadwipa/Nusa Antara. 
      Satria piningit menolak dan memantangkan dirinya menerima segala macam upeti, hadiah, dan lainnya dalam segala bentuk apapun dari pemberian dari orang lain. Ia, sang ratu adil, memiliki kemampuan untuk dapat mengerti dan mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan dalam waktu dekat. 
      Ia memiliki ilmu agama yang mendalam, akan tetapi menolak dirinya disebut ulama. Sosoknya memang berwujud manusia biasa yang tindakannya bernilai dan bermoral setengah malaikat, akan tetapi menolak dirinya disebut seorang malaikat dalam wujud manusia. 
      Satria piningit ini sering menggoda orang lain dengan mengajukan permintaan yang remeh dan menolak pemberian lebih dari yang dipintanya. Ia juga seorang yang memantangkan perbuatan apapun oleh dirinya yang dapat merugikan orang lain. Di samping itu juga menolak kejadian di sekitar diri dan lingkungannya yang berindikasi terjadinya pencurian, korupsi atau tindak kejahatan apapun.

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: Wednesday, January 25, 2012

16 comments:

rositablogspot.co.id said...

ah masak sih?? :)

Anonymous said...

Begitu banyak sejarah perubahan sosial dan pergerakan di dunia ini yang bisa dipelajari dan dikerjakan dalam cara-cara yang rasional? Tanpa bermaksud mengecilkan diskursus mengenai SP, tampak sekali, upaya-upaya pembenaran ramalan ini hanya berhujung pada matinya explorasi pada pilihan-pilihan perubahan. Sedangkan detail permasalahan sosio ekonomi dan politik di negeri ini bukanlah sesuatu yang irasional, bahkan memiliki detail-detail yang rumit dan membutuhkan pendekatan yang lebih rumit.

Jika dibandingkan dengan Philipina misalnya, resistensi rakyat mereka terhadap regulasi yang pro kekuasaan (baik modal dan politik) jauh lebih terorganisir dan masif dibanding kita. Basis-basis perlawanan di desa-desa dan di kota-kota mewujud dalam gerakan yang rapi, otentik, ilmiah dan kreatif. Salah satu contohnya, Philipina telah menguasai 80% perdagangan produk2 berbahan kelapa di dunia dengan lebih dari 300 jenis produk olahan kelapa, padahal jumlah lahan kelapa mereka lebih sedikit dibandingkan di Indonesia (pun jenis produk olahan kelapa Indonesia baru 30 jenis). Dan kreatrifitas itu awalnya digerakkan oleh rakyat sendiri (gerakan pemuda dan gereja) bukan oleh regulasi.

Di Indonesia, perubahan selalu digerakkan oleh kekuasaan. Begitu pula diskursus SP selalu diinterpretasi dalam cara bagaimana 'kekuasaan' memahaminya. Sementara itu, sadar atau tidak, dasar-dasar kesiapan perubahan besar yang diidealkan itu tidak ada di akar rumput. Andai pun SP hadir maka ia bagaikan peluru tanpa pistol. Tidak masuk akal jika suatu realitas ekonomi politik yang sangat kompleks dan penuh kepentingan dapat diatasi oleh satu orang hanya dengan jentikan jarinya.

Negara, di dalam sejarah, diidentikkan dengan kekakuan, tirani, ketidak pedulian, korup dan diisi oleh mereka yang sesuangguhnya tidak memiliki Visi tentang masa depan rakyatnya. Peristiwa-peristiwa revolusi di dalam sejarah, selalu dipimpin oleh kelompok yang sama sekali di luar (berseberangan) sistem politik yang beroperasi. Mereka hadir dengan persiapan yang matang dan brilian, dan memang bertujuan untuk menghancurkan bangunan politik yang ada. Bahkan, seperti contoh revolusi Muhammad SAW yang membutuhkan waktu 23 tahun untuk merubah jazirah arab yang brutal, paganis, dan kapitalistik. Begitu pula sejarah revolusi lainnya yang dilatari oleh suatu persiapan yang lama, berdarah-darah dan cerdas.

Nah, jika SP dianggap akan memimpin sebuah revolusi yang maha dasyat di masa depan, tentunya ia adalah suatu pergerakan yang terorganisir dengan sangat kuat, penuh perhitungan dan telah lama bergerak (di bawah tanah). Di sinilah kerifan kita dalam menginterpretasi suatu teks ramalan secara adil. Sekarang kita boleh menggunakan ukuran pertanyaan "siapa sih, atau kelompok apa yang sekarang getol melawan regulasi yang merugikan rakyat dan menggerakkan model-model kemandirian ekonomi di akar rumput serta terus memberikan pendidikan politik kepada Rakyat?" Pertanyaan ini tidak saja ilmiah namun juga memberikan kita lampu peringatan bahwa sesungguhnya kehidupan ini kompleks dan kerja merubahnya membutuhkan suatu upaya yang berkesinambungan, penuh pengorbanan dan kecerdasan yang banyak.

Lantas, apakah SP adalah rekaan kekuasaan? Saya sendiri melihat di dalam sejarah, bahwa perubahan besar selalu ditandai oleh sebuah ramalan. Hal ini menjelaskan kepada kita akan campur tangan Tuhan di dalam lalu lintas sejarah manusia. Dalam interpretasi saya, SP sepertinya telah lama ada dan merupakan suatu gerakan bawah tanah yang sepertinya tinggal menunggu momentum untuk muncul ke permukaan. Jadi, yang dimaksud dengan 'piningit' itu adalah gerakan yang tersembunyi/di bawah tanah. Tentu saja, suatu gerakan memiliki tokoh sentral yang menjadi otak dari organisasi pergerakannya dan bisa jadi dialah personifikasi SP. Dan begitulah suatu revolusi dicontohkan selama ini.

Anonymous said...

Isu seperti ini hanya meresahkan saja. Tetaplah berjuang saudaraku.....

Salvatore said...

Dear ALL, ijin posting terutama kepada moderator...

rumit juga membaca legenda tanah jawa, saya tidak mengerti tentang fabel-fabel begini krn saya keturunan Bagian Timur Indonesia... (mohon maaf tidak ada maksud untuk menghina legenda tanah jawa)

numpang posting disini, krn saya melihat disini banyak followernya, mohon maaf juga, (bukan bermaksud numpang iklan alias memanfaatkan blog yg banyak pembacanya) krn saya tidak bermaksud untuk menipu ataupun memperoleh keuntungan daripadanya nanti...

kami memiliki penemuan pembangkit listrik tanpa sumber, saya menyebutnya MATAHATi (BUKAN MATAHARI). untuk itu kami membutuhkan INVESTOR baik dari sisi dana, material seperti bahan besi stainless yang tidak lengket terkena magnet, serta 5000keping magnet neodymium diamter 2inch ketebalan 1inch, kawan kumparan tembaga, dan/atau tenaga (keahlian mengelas stainless steel didalam air).

persyaratan:

1. CALON INVESTOR yg memiliki dana/barang material tsb tidak boleh melihat PROSES PEMBUATAN.

2. Calon Investor yang memiliki keahlian mengelas Stainless akan ditempatkan pada tempat berbeda dengan perakit mekanik lainnya.

3. Calon INVESTOR tidak memiliki HARAPAN IMBAL BALIK seperti MEMINTA HAK PATEN dari MATAHATI TSB! karena ini adalah penemuan kami dan akan dipatenkan atas nama pemilik RAKYAT INDONESIA! bukan perorangan, golongan atau kelompok/pengusaha.

KARENA TUJUAN MEMBUAT GENERATOR LISTRIK MATAHATI INI ADALAH UNTUK KEPENTINGAN SELURUH RAKYAT INDONESIA, UNTUK MEWUJUDKAN LISTRIK MURAH dan/atau (GRATIS PADA AKHIRnya) saat telah mencapai BREAK EVEN POINT untuk mengembalikan dana para INVESTOR-INVESTOR yang telah menyumbang baik dana, material barang dan tenaga.

investor penyumbang tenaga (keahlian mengelas) pada saat akhir proyek ini selesai dan tenaga listrik dijual dengan harga rakyat (baca: harga murah), akan TETAP DIBAYAR ATAS TENAGA YANG TELAH DISUMBANGKAN, karena SETIAP TETES KERINGAT YANG MENGUCUR tidak akan sia-sia dan tetap mendapatkan balas jasa upah dari kami....

4. Kami menolak bekerjasama dengan pemerintah & segala macam aparat negara lainnya... karena kami telah beberapakali mengadakan pertemuan dengan para2 birokrat tersebut, dan ujungnya tetap bersifat materi dan keserakahan akan mengambil alih proyek MATAHATI TSB!

inti dari proyek MATAHATI ini adalah UNTUK SEMUA UMAT MANUSIA INDONESIA bukan keuntungan semata!

dan TERLEBIH! apabila hasil penjualan listrik harga rakyat tsb telah mencapai BREAK EVEN POINT untuk mengembalikan dana para investor..

TEKHNOLOGI ini AKAN DIBEBERKAN SECARA TERBUKA untuk SELURUH RAKYAT INDONESIA, dan kami hanya akan menyiapkan SUKU CADANG & alat-alat (KIT SET LENGKAP) untuk perakitan generator matahati skala kecil (perumahan).

demikian...

NB:
1. dalam waktu dekat kami belum akan show ke media massa (spt televisi, radio, dll) karena kami terbentur dengan birokrasi pemerintah, yang menekan kami dan berkata LISTRIK cuma bisa dikuasai oleh negara.

2. tujuan posting ini hanya untuk menjaring para kandidat-kandidat investor yang berminat, kami akan lebih senang bila yang disediakan BUKAN BERUPA DANA akan tetapi MATERIAL LANGSUNG!

3. dan juga kami butuh dukungan dari segenap rakyat Indonesia yang menginginkan LISTRIK MURAH.. untuk menebas birokrasi MONOPOLI LISTRIK pemerintah (INI YANG TERPENTING!).

atas perhatian rekan-rekan semua diucapkan banyak Terima Kasih.

Hormat saya,

S. S.

hendra sulistya said...

Menurut saya satria piningit adalah sosok seorang pemimpin yang memang berasal dari rakyat jelata yang berhati bersih dan nantinya akan memimpin bangsa indonesia menuju kejayaan, ciri-ciri orang tersebut yg telah digambarkan oleh para leluhur ciri- cirinya mirip dengan sahabat saya inisialnya " SH " tinggal di daerah aliran sungai cipaku kota bogor, bagi para ahli supranatural tolong di cek apakah benar orang yang di maksud oleh saya ini SP.

Salam Kenal
Hendra

Anonymous said...

saya yakin klo jokowi adl satria piningit...
krn jokowi sifatnya sm dgn ciri** d.atas.

satriopiningitmuncul said...

Meskipun Satrio Piningit telah muncul dan sudah berada ditengah-tengah kita akan tetapi tidak akan mungkin kita dapat mengetahui sosok beliau. Jika masyarakat mengetahuinya maka secara otomatis gugurlah hakikat dan jati dirinya sebagai seorang Piningit (memingit diri).
Tanda kemunculannya adalah terjadinya “Goro-goro”. Goro-goro yang dimaksudkan dalam ramalan Ronggowarsito adalah kerusuhan massif yang menyebabkan tumbangnya rezim orde baru. Setelah Soeharto mundur dari jabatannya selaku presiden Republik Indonesia, maka banyak tokoh-tokoh baru yang bermunculan. Semua tokoh yang muncul tidak dapat dikatakan sebagai seorang satrio, karena bukan mereka yang menjatuhkan Soeharto.
http://satriopiningitmuncul.wordpress.com/category/nyi-roro-kidul-adalah-ibu-pertiwi-adalah-ibu-satrio-piningit-2/

Anonymous said...

buat yg gak percaya SP:
TAHU APA SI LUU ???

bukan siapa siapa said...

-
^_^
-
Islam adalah agama terbaik (budaya ARAB) yang patut ditiru!
-
mari Islam-kan Indonesia dan dunia!
-
karena Islam mampu mempersatukan Indonesia, mampu membuat setiap suku di tanah air Indonesia melupakan asal usulnya...
-
lupa.... lupa.... ibarat kacang lupa kulitnya!
-
semua bersatu dalam kesatuan... lupakan perbedaan!
-
SEMUA asal usul tiap suku DICAMPAKKAN IBARAT RANTING-RANTING KERING! semua hilang seperti kawanan kambing dan domba tanpa penggembala...
-
ORANG INDONESIA LUPA INDONESIA-NYA!
-
orang Batak lupa Batak-nya! (Parmalim).
-
orang Dayak lupa Dayak-nya! (Kaharingan).
-
orang Minahahasa lupa Minahasa-nya! (Tonaas Walian).
-
orang Makasar lupa Makasar-nya! (Tolottang).
-
orang Lombok lupa Lombok-nya! (Wetu Telu).
-
orang Maluku lupa Maluku-nya! (Naurus).
-
orang Chinese lupa Chinese-nya! (Tao).
-
orang Jawa lupa Jawa-nya! (Buhun, Kejawen).
-
orang Sunda lupa Sunda-nya! (Sunda Wiwitan/agama asli Sunda/Jati Sunda/Madrais/Cigugur).
-
yang ingin kembali mencari kulit masing masing bisa berkunjung ke ke Lebak Cawane; konon semua ranting-ranting kering (sejarah) bisa ditemukan disana... http://id.wikipedia.org/wiki/Lebak
-
^_^

Anonymous said...

Satrio Piningit itu ada dan telah muncul. Dalam agama Islam dikenal sebagai Khalifah Allah SWT, Khalifah al Mahdi yang akan memberikan dukungan besar kepada Imam Mahdi dengan Pasukan berpanji hitam yang sekarang sedang dinantikan kemunculannya oleh umat Islam. Sedang Satrio Piningit dalam agama Kristen dikenal sebagai manusia pemilik binatang 666, Anti Kristus yang muncul di akhir zaman yang Maha telah dinubuatkan oleh Yohanes / Nabi Yahya as penulis Injil Wahyu. Umat Kristen diperintahkan berkhidmat kepada 666 karena ia yang membawa penyelamtan orang-orang Kristen.

Anonymous said...

sayalah yang ada dalam nubuat. hanya apakah pak Sby beri jalan bagi saya atas nama Tuhan. Saya bisa jelaskan untuk apa saya ada. saya sudah cantumkasan nama saya di 9949. Terima kasih untuk semua.

Anonymous said...

siiiip

Unknown said...

DUKUNGLAH YUSUF KOLO SEBAGAI SATRIO PINIGIT....
DUKUNG JUGA PARAHBOWO SUBNQYANTI SEBAGAI SATRIO PINGIT...
DUKUNG JIKIWI SEBAGAI CANTRIK SATRIO PINGIT BANG ICAL CING CAI LEE....

SEMUA MEMANG SATRIO PINGIT...KARENA SUDAH MUNCUL YAH TUNGGU APA LAGI???HAJAR BLEH...TUNJUKAN KESATRIONNAN ANDA DEMI INDONESIA SE-YAHTE-RA....

sugengpr said...

Mbah Subowo bin Sukaris, ramalan Sastro Piningit itu hapir sama yg kami ketahui yaitu dia seorang yatim piatu ditinggal Ibunya ketika umur 6 tahun dan ditinggal ayahnya ketika berumur 9 tahun dan sekarang berdiamdiri dirumah mertuanya, dia sebatangkara dia pernah kuliah di Inggris, usia sudah 42 thn, diketahui dengan tdk sengaja bahwa ada seseorang yg luar biasa beberapa tahun yg lalu oleh seseorang yg juga mempunyai kemampuan supranatural, cerita itu dimohon oleh rekan2nya beberapa orang menghasilkan orang yg sama dan didatangi Seseorang tersebut oleh sahabat kita kekediamannya dan dengan pandangan meng iakan dan seseorang ini punya kemampuan lebih yg bisa mengetaui apa yg akan terjadi dalam waktu dekat dan apa yg dikatakan oleh ramalan kita ini bahwa dia seperti diutus oleh Allah yg maha Esa utk menjadi pemimpin di Nusantara ini dia memang punya banyak teman tetapi teman2 ini dia tidak gunakan dan dia jalan sendiri utk mendatangi tempat yg dia anggap punya pengaruh besar dan sudah mulai gerakan ini, dia jalan sendiri karena adanya campurtangan Allah yg Maha Esa dan para sufi yg ditemui seakan akan sdh mengetahui bahwa dia ini luarbiasa, dia ini punya kemampuan seperti Nabi, sesua apakata teman2 saya yg tugas ke Timur Tengah bahwa di Indonesia ada orang yg luar biasa, Kami ini hanya membandingkan apa yg diramalkan oleh Ronggowarsito, Joyoboyo yg hampir sama, tulisan ini banyak orang tdk percaya bahkan akan dibilang macam2 tapi kami akan coba menulis perjalanan Sastro Piningit kalau seandainya itu benar itu sesuai ramalan kami namun kalau salah ya namanya ramalan tetapi kami meyakini ini benar akan muncul menjadi pemimpin Nusantara setelah adanya sedikit gejolak yg tidak percaya lagi calon2 pemimpin yg ada sekarang ini, demikian

Anonymous said...

JUDUL
1:1. Inilah wahyu Satria Piningit, yang dikaruniakan Allah padaNya, supaya ditunjukkan pada hamba Nya apa yang segera terjadi. Dan oleh yang diutus-Nya, Ia telah menyatakan diri.
1:2 Al Kitab telah bersaksi tentang firman Allah dan kesaksian yang diberikan pada Satria Piningit, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya
1:3. Berbahagialah yang membaca dan yang mendengar kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.
1:4 Dari Al Kitab kepada semua jemaat yang ada. Kasih karunia dan damai sejahtera sertai kamu sekalian, dari yang ada dan yang sudah ada dan yang datang, dan yang ada di takhta-Nya,
1:5 dan Satria Piningit, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang hidup dan yang berkuasa atas Raja - Presiden - ataupun pemimpin di bumi ini, yang mengasihi bumi dan yang telah melepaskan bumi dari bencana masa depan oleh hidupNya.
1:6 dan yang telah membuat bumi menjadi suatu kerajaan, menjadi imam atas bumi. Bagi Satria Piningit kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, datang dengan kuasa dan setiap mata akan melihat, juga mereka yang telah menanti. Dan semua bangsa di bumi akan memuji, amin.
1:8 Satria Pingit adalah nyata dan maya, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang berkuasa."
1:9. Bumi dalam kesusahan bencana, dan dalam ketekunan menantikan Juru Selamat, yang berada di pulau bernama Jawa oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan pada Satria Piningit.

Anonymous said...

memang turunan jayabaya masih ngumpet dereng wektunipun... cobi telaah terawang di timur laut kediri... kira2 di situlah asalnya... just info...

wong ora kumanan