Inilah bedanya Ganjar dan Prabowo

 Inilah bedanya Ganjar dan Prabowo

mbah subowo

Ganjar tidak pernah meminta dirinya menjadi capres 2024. Ganjar "kebetulan" terpilih oleh ketua umum parpol di mana dirinya bernaung. Sosok Ganjar kali ini pemimpin yang tidak meminta diri sendiri menjadi seorang pemimpin ataupun penguasa nomor satu di NKRI. Itulah sekadar mengenai Ganjar.

    Prabowo mencalonkan dirinya sendiri dengan dukungan elit partai yang dipimpinnya. Dengan sadar Prabowo mencalonkan dirinya berulang selama beberapa kali pilpres di masa sebelumnya. Sayang sekali ia belum mendapat hasil maksimal. Prabowo memang tangguh dan tidak pernah mengenal berputus asa untuk maju berkali-kali dalam pilpres.

    Dari perbedaan di antara kedua kontestan pilpres 2024, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

   Awam menganggap Ganjar cuma "wayang" partai. Sebaliknya Prabowo sungguh independen. Jika ditelaah lebih lanjut mana yang lebih baik: seorang yang sengaja mengangkat dirinya sendiri jadi calon penguasa atau seorang yang tidak berniat menjadi penguasa NKRI namun dipilih sebagai calon  penguasa oleh institusinya?

   Sekali lagi jika ditilik secara subyektif dari sudut pandang berbagai jurusan hasilnya tentu dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari kedua tokoh kontestan pilpres di atas. Selamat memilih!

   Sekian untuk sekali ini.

****

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 8:53 AM