Siapa terjebak dalam perang Ukraina?

 Siapa terjebak dalam perang Ukraina?

mbah subowo

Barat terjebak memberikan uang dan senjata bagi Ukraina. Rusia terjebak merudal dan mengirim pasukan dengan berbagai alutsista. Kancah peperangan Ukraina belum berakhir selama delapan bulan hingga saat ini. Apa keuntungan Rusia dengan mencaplok empat wilayah Ukraina? Sementara senjata Barat semakin bejibun di Ukraina. Apa Rusia mendapat jaminan keamanan dengan menguasai wilayah Kherson, Donets, Luhansk, dan Zaporitzhia? Sementara Ukraina mau mendaftar Nato.

     Rusia bisa menciptakan benteng dengan menguasai empat wilayah Timur dan Selatan Ukraina tersebut. Paling tidak keempat wilayah tersebut setiap saat selalu merongrong Ukraina, dan Rusia bisa berfokus pada hal lainnya. Dengan kata lain Rusia butuh tameng andai Nato sudah bercokol di Ukraina. 

     Perang di empat wilayah bagian Selatan dan Timur Ukraina pada suatu titik akan berakhir dengan masing-masing pihak tetap bersiaga tinggi menghadapi ancaman lawan. Garis demarkasi itu belum terbentuk, sebagai perlindungan jangka panjang konsentrasi kekuatan kedua pihak. Perang berakhir sebagai itu.

     Cukup untuk kali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 9:02 PM