Mengapa Barat percaya Ukraina bakal menang?

 Mengapa Barat percaya Ukraina bakal menang?

mbah subowo

Kelemahan dan kemunduran militer Rusia-lah yang mungkin bikin Ukraina menang, dan bukan karena bantuan alutsista Barat. Bantuan alutsista apapun dari Barat rasanya tetap saja kalah kwantitas dari milik Rusia.

    Barat tidak punya pilihan lain, itu baru benar, dan Ukraina tahu betul memanfaatkan hal itu untuk "mencoba" memperpanjang perlawanan terhadap Rusia.

    Tiada pilihan lain bagi Barat selain membantu Ukraina memang belum tentu menjamin kemenangan berada di tangan Ukraina, bukan? Rusia menyadari betul keterbatasan alutsista Ukraina dalam menghadapi serbuan dalam jangka panjang. Rusia tampaknya mengubah strategi hanya berkonflik di wilayah sekitaran laut Azov.

    Ukraina sebaiknya mengumpulkan personel dan alutsista dalam perang berkepanjangan. Strategi ofensif di wilayah pendudukan hanya akan membuat hujan rudal Rusia menyasar sembarang wilayah Ukraina lainnya.  

    Rusia sudah mencoba menundukkan Kyiv, yang letaknya secara geografis bersinggungan lebih dekat dengan wilayah Belarusia. Dan jika Belarusia turun ke gelanggang maka Kyiv akan terancam kembali seperti yang terjadi pada serangan awal Rusia yang gagal menguasai ibukota Kyiv.

    Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 10:08 AM