Mengapa Mars kandidat terbaik koloni manusia?

 Mengapa Mars kandidat terbaik koloni manusia?

mbah subowo

Tata surya cuma memiliki delapan planet, dengan teknologi saat ini cuma delapan planet itulah yang bisa dijangkau sebuah wahana antariksa berawak. Itu pun baru tahap penjajakan awal. 

    Lagi pula masih berjarak terlalu jauh bagi wahana angkasa berawak untuk menyambangi tata surya (sistem bintang lainnya) terdekat semacam Alpha Centauri.

    Mars jadi pilihan terbaik di antara delapan planet selain bumi. Keenam planet lainnya kondisinya masih ekstrim saat ini.

    Kelak jika koloni manusia berhasil di Mars, maka itu akan menjadi tonggak dalam perjalanan jangka panjang di luar angkasa. Misalnya mampu mandiri dalam memenuhi kebutuhan biologis bagi para awak angkasa, dan juga memenuhi kebutuhan asupan energi bagi wahana angkasa itu sendiri.

    Kelak setelah penaklukan Mars oleh koloni manusia selanjutnya sasaran  yang tidak kalah pentingnya dalam suatu perjalanan antar bintang ialah mempersingkat waktu tempuh yang luar biasa panjang yang mungkin diatasi dengan revolusi teknologi propulsi yang ribuan bahkan jutaan kali lipat lebih maju dari propulsi yang dihasilkan teknologi saat ini.

    Persoalan propulsi yang lebih cepat sekaligus asupan energi wahana antariksa, dan juga asupan bagi para awak merupakan tantangan utama untuk jadi spesies antarplanet, antarbintang, antar galaksi, di samping itu juga faktor lingkungan ekstrim selama dalam perjalanan panjang dalam waktu tak terbatas.

    Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 5:39 AM