Ramalan Tiongkok menyerbu Taiwan

Ramalan Tiongkok menyerbu Taiwan

mbah subowo

Baru-baru ini (1-2023) seorang pakar intelijen negara adidaya meramalkan perang mendatang antara Tiongkok vs Taiwan terjadi pada 2025.

     Sejarah konflik di atas dimulai dengan: Pemerintah Nasionalis China melarikan diri pada 1949 ke pulau Taiwan. Sejak itu Partai Komunis China menganggap Pulau Taiwan adalah bagian China yang tengah dikuasai Nasionalis pimpinan Chiang Kai Shek.

     Pertanyaan: Kapan Tiongkok menyerang Taiwan bisa diramalkan, jika AS disibukkan dengan peperangan di belahan dunia lain, dengan kekuatan penuh terkonsentrasi ke sana, maka itulah kondisi paling afdol (dalam pandangan Tiongkok) untuk menguasai wilayah pulau Taiwan.

    Jika Tiongkok menyerang Taiwan maka AS, Inggris, dan Australia akan menyerang balik dengan memukul basis kekuatan PLA di LCS dan selanjutnya memblokir AL Tiongkok dari jurusan Selatan. Bisa dipastikan Tiongkok mulai membalas kembali dengan meluncurkan serangan darat dan laut arah ke Selatan untuk mendekati Australia.

    Semua itu hanya mungkin terjadi jika AS dibuat tak berdaya di belahan dunia lain, misalnya dalam konflik Rusia vs Ukraina.

     AS, Nato, dkk. mungkin saja turun gunung jika Ukraina mengalami kekalahan, akibatnya terjadilah perang dunia 3. Tiongkok memihak Rusia dan dengan cepat menyerbu Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang. Peperangan menggunakan rudal berlangsung dalam perang dunia 3.

     Sekian untuk sekali ini.

*****

 

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 6:45 AM