Inilah lokasi istana Prabu Joyoboyo

Inilah lokasi istana Prabu Joyoboyo

mbah subowo bin sukaris

Melanjutkan tulisan kami, Rahasia Kraton Sri Aji Joyoboyo maka berikut ini sekadar tambahan info:

Satu lagi informasi mengenai lokasi kraton Kediri ca. Sri Aji Joyoboyo yakni ditemukannya kereta kencana kerajaan Kediri semasa itu. Lokasi benda yang diyakini dan dianggap oleh penduduk sebagai kereta kencana itu berada di sekitar jembatan perbatasan Mojoroto dan Ngampel pada 1987. Lokasi aliran sungai kecil itu memang tidak begitu jauh dari wilayah Selomangleng, Botolengket -- wilayah yang merupakan hipotesa lokasi kraton Sri Aji Joyoboyo.
      Penemuan itu terjadi bersamaan dengan pembangunan plengsengan anak sungai Brantas yang melewati wilayah Batulengket, Bujel. Anak sungai Brantas itu hulunya berada di Bukit Klotok.
   Sumber informasi yang sama juga menyebutkan adanya arca naga/ular di wilayah Pamenang, yakni lokasi petilasan Prabu Joyoboyo.
     Arca tersebut dianggap keramat oleh penduduk setempat yang juga memperingatkan pekerja yang sedang mengerjakan plengsengan kecil.
      Sebagai perbandingan bentuk kereta kencana yang berada di museum Airlangga di Selomangleng fisiknya memiliki hanya dua roda atau satu as roda. Pada 1970-an penduduk menamai "bendi" untuk kereta yang bisa mencapai kecepatan sekitar 6o kilometer perjam itu. Kereta jenis itu biasanya juga dipergunakan sebagai kereta perang atau kereta komando pasukan dan dikendalikan oleh perwira perang.
      Kereta kencana memiliki paling kurang empat roda atau dua as roda lebih. Tentu penemuan di sekitar jembatan Mojoroto itu tidak akan dinamai kereta kencana melainkan hanya "bendi" belaka jika rodanya cuma dua. Jika penduduk setempat menamai kereta kencana maka tentu memiliki jumlah roda sebanyak yang kami perkirakan di atas.
     Keberadaan kereta kencana tersebut tidak diketahui oleh sumber kami. Atau mungkin akan ditemukan kembali dan akan kami berikan perkembangannya pada kesempatan lain.

*****


Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 10:39 AM