Ramalan Joyoboyo-Sabdo Palon tentang Jaman Ratu Adil


Ramalan Joyoboyo-Sabdo Palon tentang Jaman Ratu Adil"

mbah Subowo

Ramalan Sri Aji Joyoboyo dan "Ramalan" Sabdo Palon ibarat tumbu dengan tutup, saling melengkapi satu sama lain.
      Sebagai contoh kecil pada satu sisi yakni bait terakhir (173) Ramalan Joyoboyo yang meramalkan kedatangan sang "Ratu Adil" terdapat bagian syair berikut ini "hiya iku momongane kaki Sabdopalon".  Artinya: "Dia (Ratu Adil) itu asuhan Ki Sabdopalon".
      Dan di sisi lainnya dalam "Ramalan" Sabdo Palon pada bagian akhir yakni bagian delapan belas dari 20 "ramalan" beliau terdapat informasi mengenai datangnya "Jaman Adil", yakni dalam bagian yang menyebut, "Kang kocap neng Joyoboyo".
      Berikut ini sinom kedelapan belas "ramalan" Sabdo Palon:

Tersebutlah dalam kitab ramalan Joyoboyo bahwa sejatinya hidup manusia itu ibarat rumput liar yang berada di tengah hutan.
      Kelak di masa depan tatkala sudah datang  "Jaman Adil" maka tiada bedanya lagi antara luku dan garu.
      (Luku adalah alat terbuat dari logam seberat beberapa ratus kilogram dipergunakan dalam membajak sawah dengan sumber tenaga ditarik oleh sapi atau kerbau. Sedangkan garu adalah alat berbentuk garpu besar dipergunakan untuk memilah dan menghilangkan rumput liar setelah proses membajak sawah selesai.)
      Luku dan garu telah berubah menjadi satu alat belaka atau fungsi alat itu sudah terkandung dalam satu alat sebagai pengganti luku dan garu.
      Walaupun dipergunakan membajak tanah pertanian di hutan belantara alat (luku-garu) masa depan itu tidak pernah gagal untuk menyingkirkan rumput maupun semak belukar hutan. Kelak luku-garu ciptaan masa depan itu hanya memiliki tingkat kesalahan kecil, karena garu-luku mampu menyelinap di sela yang sempit sekalipun.

Kang kocap neng Joyoboyo,
manungso urip puniki,
kadyo rumput aneng wono,
yen wus tekan Jaman adil,
kaluku ginaru sami,
yekti katah ingkang lebur,
kalamun nedyo yuwono,
luput ing sekalir-kalir,
garu luku biso nlesep selaniro.
(Sabdo Palon, abad 15 Masehi)

Berdasarkan "Ramalan" Sabdo Palon mengenai kedatangan "jaman adil" (abad 15 masehi), dan Ramalan Sri Aji Joyoboyo mengenai kedatangan "ratu adil" (abad 12 masehi) di atas maka dapat diprediksi ulang bahwa datangnya Jaman Adil dan munculnya Ratu Adil di Nusantara akan tepat pada waktu yang bersamaan.

*****

Subowo bin Sukaris
hasta mitra Updated at: 2:55 PM